#TulisanGabut3 UNTUK SESEORANG YANG LAGI STUCK SAMA HIDUP

UNTUK SESEORANG YANG LAGI STUCK SAMA HIDUP




Pernah nggak sih lu ngerasa bingung? Bingung kok hidup rasanya stuck dalam keadaan ini aja? Atau pernah nggak sih lu ngerasa mau keluar dari perasaan hampa, sedih atau gagal dalam hidup sendiri, tapi lu nggak nemu pintu buat keluar dari semua perasaan negatif itu?

Dan semakin dipikirin hidup yang lagi ‘gini-gini aja’ rasanya malah bikin diri lu tambah stres. Ditambah pressure dari media sosial dimana orang-orang nge-share momen yang buat lu insecure, misalnya dia udah keterima di kampus terbaik, atau keterima di tempat kerja, dan atau, lagi bahagia bareng orang tersayangnya, terus dengan begitu lu nyimpulin bahwa orang lain itu keliatan lebih maju dari lu? Ah, asli deh kalau lu lagi ngalamin perasaan ini, gue tau itu bikin tekanan yang lumayan banget buat mental lu.

Gue tau banget kita semua paham konsep dari kalimat “hidup bukan tentang kejar-kejaran”, tapi pada akhirnya teori emang susah diterapin di dunia nyata. Dan anehnya disaat lu ngerasa stuck dalam hidup momennya kok pas banget, pas lu lagi ngerasa sendirian.

Lagi-lagi konsepnya lu sendiri tau, bahwa yang bisa bawa hidup lu lebih baik ya diri sendiri. Tapi pertanyaannya ya tadi kan? Lu aja lagi kehilangan diri sendiri, terus gimana caranya nemuin pintu buat keluar dari kehidupan yang stuck dan terasa damage ini? Yang menurut gue dampaknya of course bisa bikin lu pusing dan stress. Tapi saran dari gue adalah lu mau nggak mau harus temuin penyebabnya dan coba keluar dari perasaan stuck itu.


Kira-kira Apa Penyebab Orang Ngerasa Stuck?

Believe It or Not, menurut gue ada beberapa faktor yang bisa bikin lu ngerasa stuck dalam hidup. Yang pertama adalah self-esteem yang menurun. Lalu apa aja sih karakteristik yang terlihat kalau self-esteem rendah? Merasa pesimis dan tidak puas akan diri sendiri; ingin menjalani hidup yang dia lihat pada orang lain; lebih sensitif dalam emosional, terutama tentang hal kegagalan; melihat keadaan seperti hal yang negatif; mengalami kecemasan; ragu-ragu dalam mengambil sebuah keputusan (Febrina et al., 2018).

Yang kedua perihal kurangnya rasa bersyukur seseorang terhadap hidup yang dijalaninya. Kebersyukuran merupakan sebuah bentuk emosi dan perasaan yang dapat berkembang menjadi sifat atau kebiasaan, dan akhirnya dapat memengaruhi seseorang dalam merespon atau menanggapi suatu situasi. Bersyukur merupakan suatu perasaan membahagiakan, nyaman dan dapat memacu motivasi (Emmons dan McCulluugh, 2003).

Yang terakhir adalah kurangnya motivasi. Motivasi merupakan faktor penggerak maupun dorongan yang dapat memicu timbulnya rasa semangat dan juga mampu merubah tingkah laku manusia atau individu untuk menuju pada hal yang lebih baik untuk dirinya sendiri (H.Djali, 2009)

 

Tips Keluar Dari Perasaan Stuck Versi Gue :

1.      Jangan Selalu Lihat Pencapaian Orang Lain

Saat gue ngalamin stuck dalam hidup, gue baca sebuah quotes di Instagram inti kalimatnya adalah “Selalu lihat pencapaian orang lain, nggak membuat skill lu naik”. Jadi, daripada lu ngerasa insecure atas pencapaian orang lain, yuk mulai sekarang ubah mindset-nya, mulai lagi latih skill yang lu punya dan bahkan lu bisa banget tambah skill baru. Semangat!

 

2.      Yakin Bahwa Kamu Punya Potensi

Semua orang itu unik, termasuk diri lu. Cuma mungkini lu belum nemuin potensi lu, atau udah nemuin tapi males buat kembanginnya? Coba diintropeksi lagi apa selama ini keadaan yang nggak berpihak, atau diri lu yang nggak mulai buka pintu untuk mengubah situasi jadi lebih baik?

 

3.      Bersyukur

Percaya deh selalu ada kebaikan yang hadir dan dikasih Tuhan. Salah satu yang buat gue termotivasi lagi untuk bersyukur ketika gue baca tulisan selebgram Dwi Handayani, isi kalimatnya adalah “kita nggak pernah tau kapan Tuhan mengangkat derajat kita, jadi teruslah berpikir positif dan bersyukur atas apa yang kita punya sekarang”. Nggak tahu kenapa gue yang saat itu lagi ngerasa down, kalimat itu berpengaruh banget, that’s why sampai saat ini gue masih inget kalimat itu.

 

4.      Coba Lebih Paham Diri Sendiri

Dalam keadaan stuck pasti lu bingung harus gimana, tips dari gue adalah tulis perasaan lu, bisa tulis di buku atau notes hp; atau dimanapun senyaman lu. Menurut gue dengan nulis perasaan dan isi kepala lu, ketika baca lagi tulisan yang lu tulis akan ada insight kayak “Oh ternyata gue lagi gini, mungkin sebaiknya gue gini”. Dari hal kecil kayak gitu bisa bikin perubahan buat diri sendiri, walaupun nggak besar tapi seenggaknya lu mulai paham apa yang sebenarnya lagi dirasain sama diri lu.

 

5.      Susun Kembali Tujuan Hidup

Mungkin setelah lu udah ngerasa lebih baik dari tips tadi, lu bisa mulai nyusun tujuan dan rencana hidup lu lagi. Mulainya darimana? Gue inget ketika gue ikut salah satu webinar, dalam webinar itu I got insight bahwa lu harus tau prinsip hidup yang lu pegang, terus coba pertanyaan lagi sama diri sendiri tentang: apa yang lu suka; apa yang lu mau; dan apa yang lu perluin dalam hidup.


*Terima kasih yang sudah membaca sampai selesai, hal yang gue tulis adalah based on my experience, mungkin kalau kalian lagi ngerasa hal yang sama boleh dicoba tipsnya, atau kalian boleh cari cara sendiri yang nyaman buat dijalanin. Dan statement terakhir yang mau gue kasih berdasarkan pesan moral yang gue dapet dari film Alice in Borderland adalah bertahanlah sama hidup lu, walaupun lu tau akan mati besok, seenggaknya lu harus survive hari ini.*

 

Referensi :

Febrina, D. T., Suharso, P. L., & Saleh, A. Y. (2018). Self-esteem remaja awal: temuan baseline dari rencana program self-instructional training kompetensi diri. Jurnal Psikologi Insight, 2(1), 43–56.

H.Djali. (2009). Studi Mengenai Motivasi. Kemendikbud, 1, 8–27.

(Emmons dan McCulluugh, 2003)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

#ReviewDrakor Rekomendasi Drakor Part. 1

#ReviewFilm REKOMENDASI FILM PSIKOPAT